Arabiyy

Tegakkanlah Agama Dan Janganlah Kamu Berpecah Belah

Tidak Disyariatkan Berdoa Selepas Solat

Berdoa selepas solat fardhu adalah tidak sunnah, tidak dilakukan Nabi dan Sahabat. Ia tidak diwajibkan dan tidak juga disunatkan, sama ada doa sendirian atau atau doa berjemaah. ia adalah bid’ah.

Ini kerana telah dianjurkan berdoa ketika

1. Ketika adzan berkumandang.
Selain dianjurkan untuk menjawab adzan dengan lafazh yang sama, waktu adzan dikumandangkan juga termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa. Rasulullah sallallahu ’alayhi sasallam bersabda:

ثنتان لا تردان أو قلما تردان الدعاء عند النداء وعند البأس حين يلحم بعضهم بعضا

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya iaitu ketika adzan berkumandang dan ketika perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang” (HR Abu Dawud, 2540, Ibn Hajar al-‘Asqalani dalam Nata’ij al-Afkar, 1/369, berkata: “Hasan Shahih”)

2. Antara azan dan iqamah.
Waktu antara adzan dan iqamah adalah juga merupakan waktu yang dianjurkan untuk berdoa, berdasarkan sabda Rasulullah sallallahu ’alaihi wa sallam:

الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة

“Doa antara adzan dan iqamah tidak ditolak” (HR. Tirmidzi, 212, ia berkata: “Hasan Shahih”)

Dengan demikian jelaslah bahwa amalan yang dianjurkan antara adzan dan iqamah adalah berdoa, bukan shalawatan, atau membaca murattal dengan suara keras, misalnya dengan menggunakan mikrofon. Selain tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, amalan-amalan tersebut dapat mengganggu orang yang berdzikir atau sedang shalat sunnah. Padahal Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

لا إن كلكم مناج ربه فلا يؤذين بعضكم بعضا ولا يرفع بعضكم على بعض في القراءة أو قال في الصلاة

“Ketahuilah, kalian semua sedang bermunajat kepada Allah, maka janganlah saling mengganggu satu sama lain. Janganlah kalian mengeraskan suara dalam membaca Al Qur’an,’ atau beliau berkata, ‘Dalam shalat’,” (HR. Abu Daud no.1332, Ahmad, 430, dishahihkan oleh Ibnu Hajar Al Asqalani di Nata-ijul Afkar, 2/16).

Selain itu, orang yang shalawatan atau membaca Al Qur’an dengan suara keras di waktu jeda ini, telah meninggalkan amalan yang di anjurkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, yaitu berdoa. Padahal ini adalah kesempatan yang bagus untuk memohon kepada Allah segala sesuatu yang ia inginkan. Sungguh merugi jika ia melewatkannya.

3. Ketika sujud dalam shalat.

Yakni dalam setiap sujud.

Rasulullah sallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد . فأكثروا الدعا

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim, no.482)

4. Ketika sebelum salam dalam solat fardhu.
Rasulullah sallallahu ’alayhi wa sallam bersabda:

قيل يا رسول الله صلى الله عليه وسلم أي الدعاء أسمع قال جوف الليل الآخر ودبر الصلوات المكتوبات

“Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah? Beliau bersabda: “Diakhir malam dan diakhir shalat wajib” (HR. Tirmidzi, 3499)

Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam Zaadul Ma’ad (1/305) menjelaskan bahwa yang dimaksud ‘akhir shalat wajib’ adalah sebelum salam. Dan tidak terdapat riwayat bahawa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam dan para sahabat merutinkan berdoa meminta sesuatu setelah salam pada salat wajib.

 

Imam dan Ahli Fiqh masa kini, Shaykh Ibnu ‘Uthaymin rahimahullah berkata:

“Adakah berdoa setelah solat itu disyariatkan atau tidak? Jawabannya: tidak disyariatkan, kerana Allah Ta’ala berfirman:

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ

“Jika engkau selesai shalat, berdzikirlah menyebut nama Allah…” (An Nisa: 103). Allah berfirman ‘berdzikirlah’, bukan ‘berdoalah’. Maka setelah shalat bukanlah waktu untuk berdoa, melainkan sebelum salam.”    (Fatawa Ibnu Utsaimin, 15/216).

Namun kebanyakan kaum muslimin merutinkan berdoa meminta sesuatu setelah salam pada shalat wajib yang sebenarnya tidak disyariatkan, kemudian meninggalkan waktu-waktu mustajab yang disyariatkan iaitu diantara adzan dan iqamah, ketika adzan, ketika sujud dan sebelum salam.

 

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: